26/01/12

Ilmuwan Korea KAIST, Teknologi Layar Sentuh Bisa Untuk Cek Kesehatan

Para ilmuwan asal Korea tengah berupaya mengembangkan sebuah teknologi dengan konsep ponsel cerdas yang dapat dipergunakan dalam memeriksa kesehatan. Dimana teknologi ini dapat terwujud melalui fitur layar sentuh yang mampu mendeteksi kondisi tubuh. Sebelumnya, sebuah alat tes kesehatan bernama Tinke datang dari Zensorium dan dapat dipergunakan pada iPhone dan iPod.

Kelompok Ilmuwan ini berasal dari Korea Advance Institute of Science of Technology (KAIST), para ilmuwan tersebut mengatakan, bahwa teknologi layar sentuh dapat digunakan untuk mendeteksi zat-zat biomolekul, seperti yang dilakukan pada medical test.


Hyun-gyu Park mengatakan, ide ini muncul berdasarkan fakta bahwa layar sentuh bekerja dengan mengenali sinyal elektronik pada sentuhan jari, dan begitu juga kehadiran protein tertentu serta DNA mestinya bisa dikenali. Sementara Hyun-gyu Park sendiri adalah salah seorang dari kelompok ilmuan dalam penelitian ini.

Layar sentuh yang terdapat pada perangkat ponsel pintar ataupun PDA serta elektronik lainnya bekerja dengan merasakan gelombang listrik yang keluar dari tubuh penggunannya. Sedangkan zat biokimia tubuh seperti protein dan molekul DNA juga mengeluarkan gelombang listrik yang khas.

Kelompok peneliti ini juga mengatakan, untuk saat ini mereka sedang mengembangkan sejenis film dengan bahan reaktif yang dapat mengenali zat biokimia tertentu. Tapi mengkonfirmasi bahwa layar sentuh dapat mengenali zat-zat biomolekuler, yang merupakan langkah awal.

Karena tidak ada orang yang akan meneteskan darah atau urin pada layar sentuh, sampel dapat ditaruh pada sebuah bidang yang kemudian akan dimasukan ke ponsel cerdas atau suatu modul yang terhubung padanya. Hanya saja belum dijelaskan secara detil mengenai rancangan waktu untuk mengubah smartphone menjadi alat diagnosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Pengikut

 
Phone Seluler . All Rights Reserved
| | | Widget | Site map
Published by Borneo Templates