15/12/11

Dokumen Pendiri Perusahaan Apple Laku Terjual 12,4 Milyar Rupiah

Pelelangan barang milik orang-orang ngetop di dunia itu hal yang biasa, tapi bagai mana dengan sebuah dokumen yang di lelang dengan harga yang fantastis. Hal ini sudah diberitakan melalui CNN kemarin bahwa sebuah dokumen bersejarah perusahaan paling terkenal di dunia yaitu Apple telah dilelang dan laku terjual.


1 April tahun 1976 adalah tanggal dan hari paling bersejarah untuk perusahaan Apple, dikarenakan hari itu dan tanggal itu tiga orang pendiri perusahaan tersebut telah menandatangani sebuah dokumen dengan resmi menjadi awal dari berdirinya perusahaan perangkat raksasa Apple.

Seperti yang dilansirkan di media CNN kemarin, diberitakan bahwa dokumen pendirian Apple tersebut dilelang dan laku dijual sebesar 1,35 juta dolar, dan jika dirupiahkan berkisar Rp 12,4 milyar di sebuah rumah lelang di Sotheby di New York, Amerika Serikat.

Jumlah Dokumen yang dilelang sebanyak dua set dengan set pertama berisi tiga lembar dokumen yang ditanda tangani oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ron Wayne yaitu pendiri Apple ketiga yang tidak populer dan sering dilupakan teman joinnya. Selanjutnya set kedua berisi dua lembar dokumen tentang penjualan saham Ron Wayne kepada Steve Jobs dan Wozniak.

Sejarah singkatnya, pada awal pendirian perusahaan tersebut, duo Steve mendapatkan bagian saham masing-masing sebesar 45% dan Ron 10%. Namun Ron Wayne cuma bertahan 11 hari di perusahaan Apple dan kemudian menjual saham tersebut ke Steve Jobs dan Wozniak dengan harga hanya $800. Seandainya 10% saham Apple tersebut masih ditangan Ron sampai saat ini, mungkin saja harta kekayaannya akan bertambah hingga milyaran dolar dengan hitungan pendapatan perusahaan Apple saat ini.

Dan kini, dokumen ketiga pendiri perusahaan Apple tersebut dilelang dengan pembukaan harga mulai dari 70ribu dolar dan selang beberapa saat kemudian harga tersebut naik menjadi 1 juta dolar. Dan akhirnya pelelangan di tutup oleh seorang milioner melalui telepon, namun namanya dirahasiakan, orang tersebut mampu membayar dengan Harga 1,35 juta dolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Pengikut

 
Phone Seluler . All Rights Reserved
| | | Widget | Site map
Published by Borneo Templates