14/02/12

Mobilyze, Smartphone Yang Mampu Mengatasi Depresi Penggunanya

Pada sebuah laboratorium di Northwestern University Feinberg School of Medicine Centre di Amerika Serikat (AS), sejumlah ilmuwan tengah mengembangkan berbagai teknologi digital untuk menangani kondisi depresi dan gangguan suasana hati. Dimana sebuah perangkat smartphone dapat menenangkan hati yang lagi gundah gulana.


Ilmuwan tersebut menemukan sebuah perangkat teknologi yang didesain dalam bentuk smartphone, yang dapat dijadikan sebagai alat bantu atau pertolongan pertama bagi mereka yang tengah mengalami gejala awal depresi dan menyediakan akses terapi ke populasi yang lebih besar.

Hal ini juga di beritakan di sebuah media, Mashable Senin (13/2/2012), perangkat smartphone ini akan hadir dengan nama Mobilyze, yang mampu mendeteksi ketika suasana hati penggunanya sedang tidak baik lalu memberikan sejumlah saran untuk menghubungi teman, mengunjungi suatu tempat dan lain-lain.


Psikolog David Mohr, yang merupakan salah satu ilmuwan yang ikut serta dalam mengembangkan Mobilyze, mengatakan "Dengan mendorong orang untuk melakukan perilaku menyenangkan atau bermanfaat, kami yakin Mobilyze bisa memperbaiki suasana hati". Mobilyze sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan, namun telah mendapatkan beberapa kali pengujian, Mobilyze diklaim sudah mampu menurunkan kadar depresi seseorang.

Cara membaca suasana hati penggunanya, perangkat ponsel ini ternyata memanfaatkan sensor data yang menerjemahkan lokasi penggunanya, tingkat aktivitas - menggunakan accelerometer dan konteks sosial yang mengarah pada gejala depresi. Mobilyze juga mempelajari pola gaya hidup penggunanya dan mengamati ketika si pengguna menerima telepon atau membaca email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Pengikut

 
Phone Seluler . All Rights Reserved
| | | Widget | Site map
Published by Borneo Templates