22/02/12

Braille Touch, Aplikasi Mengetik Tanpa Harus Melihat Layar Sentuh, Cocok Untuk Tunanetra

Peneliti asal Georgia Tech dikabarkan tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetik teks tanpa harus melihat layar ponsel dengan nama Braille Touch. Tampaknya aplikasi ini sangat cocok untuk tunanetra.

Sesuai dengan fungsinya, tentu saja aplikasi open source itu disiapkan untuk pengguna ponsel pintar layar sentuh. Dan tampaknya, aplikasi ini didedikasikan khusus untuk para penyandang tunanetra.


Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika aplikasi ini juga dapat digunakan oleh semua kalangan, baik itu penyandang tunanetra ataupun tidak. Dalam uji coba aplikasi ini yang dilakukan oleh penyandang tunanetra, pengguna dapat menulis 32 kata per menit dengan akurasi 92 persen, untuk prototipe Braille Touch di iPhone.

Pada saat digunakan, Braille Touch mengeluarkan suara sesuai dengan huruf yang keluar di layar. Walaupun tidak melihat layar ponsel, pengguna tidak akan salah dalam mengetik huruf ataupun angka. Braille Touch sendiri sudah diperkenalkan di acara Abilities Expo-Atlanta pada 17 sampai 19 Februari 2012 di Georgia World Congress Center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Pengikut

 
Phone Seluler . All Rights Reserved
| | | Widget | Site map
Published by Borneo Templates